Friday, February 28, 2014

Panen Dan Paska Panen


Ada Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Memanen Getah Karet :

1.Matang Sadap Pohaon
Tanaman karet yang sudah siap untuk dipanen biasanya sudah berumur 5 – 6 tahun. Keliling batang pohon sudah mencapai 45 cm atau lebih. Keliling batang diukur dengan ketentuan 100 cm dari batas okulasi tanaman. 


2.Proses Penyadapan
1. Persiapan Sadap Baru
Persiapan lahan penyadapan baru pada tanaman karet yang baru akan dipanen dilakukan dengan cara:
-          Menentukan bidang sadap
Pada tanaman okulasi silinder tanaman relative sama sampai pada ketinggian 130 cm. ketebalan kulit tanaman juga menjadi factor utama dalam menentukan bidang sadap.
-          Setelah menentukan bidang sadap dilakukan penyadapan arah irisan sadap harus dari kiri atas ke kanan bawah, tegak lurus terhadap pembuluh lateks. Sudut kemiringan irisan yang paling baik berkisar antara 30o – 40o terhadap bidang datar untuk bidang sadap bawah. Pada penyadapan bidang sadap atas, sudut kemiringannya dianjurkan sebesar 45o. Panjang penyadapan dilakukan dengan panjang setengah dari lingkar batang.
-         Pemasangan Talang dan Mangkuk Sadap Talang sadap terbuat dari seng selebar 2,5 cm dengan panjang sekitar 8 cm. Talang sadap dipasang pada jarak 5 cm – 10 cm dari ujung irisan sadap bagian bawah. Mangkuk sadap umumnya terbuat dari plastik, tanah liat atau aluminium. Mangkuk sadap dipasang pada jarak 5-20 cm di bawah talang sadap. Mangkuk sadap diletakkan di atas cincin mangkuk yang diikat dengan tali cincin pada pohon.


3.Pelaksaan Penyadapan
Waktu penyadapan yang baik dilaksanakan antara jam 05.00 – 07.30 pagi. Kedalaman irisan sadap dianjurkan berkisar 1- 1,5 mm dari cambium suapaya tanaman dapt bertahan selama 25 – 30 tahun. Kedalaman irisan berkisar 1,5 – 2 mm setiap penyadapannya. Pada tanaman dengan penyadapan baru sebaiknya tanaman dilakukan sebanyak 1 kali dalam 3 hari selama 2 tahun. Setelah itu baru dilakukan penyadapan 1 kali dalam 2 hari pada tahun – tahun berikutnya.


4.Pengumpulan Lateks/getah
Pengumpulan lateks dapat dilakukan pada siang hari sekitar pukul 11.00 setelah tidak ada lagi lateks yang menetes untuk tiap harinya. Lateks dikumpulkan dalam satu wadah persegi dengan tingkat ketebalan tertentu. Pengumpulan juga dapat dilakukan tiap minggu sekali atau sekehendak kita, tetapi semakin lama dipanen maka akan menjadikan kualitas lateks itu akan berkurang. 


5.Pasca Panen
Untuk memperoleh bahan olah karet yang bermutu baik beberapa persyaratan teknis yang harus diikuti yaitu :
• Tidak ditambahkan bahan-bahan non karet.
• Dibekukan dengan asam semut dengan dosis yang tepat.
• Segera digiling dalam keadaan segar.
• Disimpan di tempat yang teduh dan terlindung dan tidak direndam. Jenis bahan olah karet (bokar) yang dapat diproduksi yaitu :
1..Lateks Pekat
 Lateks pekat adalah lateks kebun yang dipekatkan dengan cara sentrifus atau didadihkan dari KKK 28% - 30% menjadi KKK 60% - 64%. Peralatan yang diperlukan adalah tangki dadih dari plastik, pengaduk kayu, dan saringan lateks 60 mesh. Bahan-bahan yang diperlukan berupa bahan pendadih yaitu campuran amonium alginat dan karboksi metil selulose, bahan pemantap berupa amonium laurat dan pengawet berupa gas atau larutan amoniak. Pengolahan lateks pekat melalui beberapa tahap yaitu penerimaan dan penyaringan lateks kebun, pembuatan larutan pendadih, pendadihan dan pemanenan.
2.Lump Mangkok
 Lump mangkok adalah lateks kebun yang dibiarkan menggumpal secara alamiah dalam mangkok. Pada musim penghujan untuk mempercepat proses penggumpalan lateks dapat digunakan asam semut yang ditambahkan ke dalam mangkok.
3.Slab Tipis / Giling
Slab tipis dibuat dari lateks atau campuran lateks dengan lump mangkok yang dibekukan dengan asam semut di dalam bak pembeku yang berukuran 60 x 40 x 6 cm, tanpa perlakuan penggilingan. Proses pembuatan slab tipis dapat diuraikan sebagai berikut :
A.       Masukkan dan susun lump mangkok secara merata di dalam bak pembeku.
B.      Tambahkan larutan asam semut 1% ke dalam lateks kebun, dengan dosis 110 ml per liter lateks, kemudian diaduk.
C.      Tuangkan campuran tersebut ke dalam bak pembeku yang telah diisi lump mangkok.
D.      Biarkan sekitar 2 jam, lalu gumpalan diangkat dan disimpan di atas rak dalam tempat yang teduh. Untuk meningkatkan kadar karet kering menjadi sekitar 70%, slab tipis dapat digiling dengan menggunakan handmangle dan hasilnya disebut dengan slab giling. Slab tipis dapat diolah menjadi blanket melalui penggilingan dengan mesin creper. Proses penggilingan dilakukan sebanyak 4-6 kali sambil disemprot dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di dalam slab. Hasil blanket mempunyai ketebalan sekitar 0,6 cm – 1 cm, dengan KKK sekitar 75%.
E.      Sit Angin
Sit angin adalah lembaran karet hasil penggumpalan lateks yang digiling dan dikeringanginkan sehingga memiliki KKK 90% - 95%. Pengolahan sit angin dilakukan melalaui berbagai tahap yaitu penerimaan dan penyaringan lateks, pengenceran, penggumpalan, pemeraman, penggilingan, pencucian, penirisan dan pengeringan.
F.       Sit Asap (Ribbed Smoked Sheet/RSS)
Proses pengolahan sit asap hampir sama dengan sit angina. Bedanya terletak pada proses pengeringan, dimana pada sit asap dilakukan pengasapan pada suhu yang bertahap antara 40o-60o C selama 4 hari, dengan pengaturan sebagai berikut :
1.       Hari pertama, suhu 40o C – 45o C, ventilasi ruang asap lebar.
2.      Hari kedua, suhu 40o C – 50o C ventilasi ruang asap sedang.
3.      Hari ketiga, suhu 50o C – 55o C ventilasi ruang asap tertutup
4.      Hari keempat, suhu 55o C– 600 C

Artikel Terkait

Panen Dan Paska Panen
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

April 10, 2019 at 10:26 PM delete

Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari Springbed / Kasur merk american yang nyaman dari lateks alami di Malang silahkan cek di sini:
Springbed American
Springbed American vs Central
Springbed American Imperial
Springbed American King
Springbed American Pillo
Springbed American Pillow
Springbed American vs Bigland
WA : 081249676477
Springbed Malang
Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang
springbedmalang.com

Reply
avatar